Minggu, 22 Maret 2009

Achiel - Musisi Brilliant


Tahukah anda, kota kecil Sorowako ini punya seorang putra daerah yang bergelut di dunia musik bahkan telah berhasil mendirikan sebuah band dan mengeluarkan album perdananya yang sering diputar di stasiun Radio kesayangan remaja Sorowako dan Yogyakarta? Bahkan ia pernah masuk nominasi 1000 gitaris Indonesia yang diadakan oleh A.Mild Jogjakarta. Mau mengenalnya lebih jauh ? Ini dia profilenya….

Bertempat di jalan Inco Iro No.18, disebuah rumah yang sederhana , Achiel yang bernama lengkap Arsil Amsal, tinggal bersama orangtuanya, Amsal Saleh dan Syamsiah, serta 6 saudara laki-lakinya. Achiel (22 tahun) mulai menampakkan kecintaannya pada musik sejak ia dibangku sekolah tingkat menengah pertama. Ia mendesak ibunya agar mau membelikannya sebuah gitar. Dengan benda ajaibnya inilah, bakat bermusiknya semakin berkembang. Bahkan ditengah krisis moneter, ia malah nekat dan lebih memilih bersekolah di Sekolah Musik Purwacaraka di Jogjakarta daripada kuliah di ATS ataupun Makassar. Awalnya orangtuanya bersikeras terhadap keputusan tersebut namun dengan optimisme kakaknya, akhirnya Achiel pun terbang ke Yogyakarta menuntut ilmu musik yang diimpikannya.

Dengan belajar dan kerja keras, alumni SMU YPS Sorowako ini menemui titik terang keberhasilannya. Ia pun mendirikan sebuah band dengan mengajak kawan-kawannya yang sebagian besar juga berdomisili di SULSEL. Tepat tanggal 25 Agustus 2005 terbentuklah band bernama Katsu Band. Katsu, yang dalam bahasa Jepang berarti kebersamaan, sesuai dengan latar belakangnya, terbentuk atas kesamaan impian dan motivasi dari semua personil yang ingin menjadikan musik sebagai wadah untuk menuangkan imajinasi menjadi sebuah karya seni yang bernuansa indah. Melalui band inilah terlahir sebuah album perdana beraliran Pop Romantis Alternative yang sebagian besar diciptakan oleh Achiel. Lagu-lagunya sempat diperdengarkan pula di beberapa radio Sorowako dan Yogyakarta seperti EMC Radio.

Kebahagiaan tersebut semakin bertambah disaat band mereka berhasil menyabet juara I Djarum Band Competition serta diberi kesempatan untuk Live Performance di TVRI Yogyakarta dalam acara Ngeband Abiis, Radical Café, serta Legue Café. Tak hanya itu masing-masing personil ternyata telah dahulu menyandang prestasi yang cukup membanggakan seperti Reismon Palinggi (Vokalis) yang berhasil menggondol juara I pada Festival Band se-SULSEL dan finalis Festival UPN, Achiel (Guitar) yang menjadi Finalis Festival Gitaris se-Makassar, nominasi 1000 gitaris Indonesia dari A.Mild Yogyakarta, Isbadi Urifan (Drum) Drummer terbaik tingkat Kabupaten, Aditya Octaviar (Bass) finalis festival Band se-Indonesia, Idhoc (Keyboard) yang menjadi juara I Keyboardis tingkat Kabupaten, serta Fadly (Guitar) finalis festival band se-SULSEL. Album perdananya yang berisikan lagu seperti Inikah Cinta, Seandainya, Andai Kubisa, Hanya Denganmu, Separuh Hati, Sang Putri, Hingga Tiba Waktuku Menemukanmu, dll telah didemokan di beberapa kota seperti kota-kota kecil di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan sebagainya.

Cita-cita besar menjadi musisi ternama dengan karya terbaik terus melekat pada hati sanubari anak ini hingga tiba waktu disuatu masa ia mampu menemukan impiannya….

3 komentar: